Rabu, 27 Juli 2016

Tips Mengatasi HP Android Masuk Air Terlengkap




Tips Mengatasi HP Android Masuk Air Terlengkap

Tips Mengatasi HP Android Masuk Air Terlengkap. Permasalahan pada handphone terjadi bukan hanya dari segi kerusakan handphone itu sendiri dan tak luput juga untuk Smartphone Android yang mana permasalahan tersebut terkadang disebabkan dari kelalaian kita sendiri, sebagai contoh saja saat kita renang atau mencebur ke air kita lupa atau lalai bahwa handphone atau Smartphone Android kita masih di dalam saku dan secara tidak langsung maka Smartphone Android kita akan basah terkena air juga.
Berkaitan dengan hal atau permasalahan pada Smartphone Android tersebut maka saya akan membahas bagaimana cara mengatasi, menyelamatkan, dan juga membahas solusi apa yang harus kita lakukan jika Android masuk air baik itu mencakup , Android tercebur air, Android terkena air, Android terendam air,Android tertumpahan air, dan lain sebagainya.
Dalam mengatasi HP yang terkena air atau memperbaiki HP kena air ada beberapa cara serta langkah-langkah yang harus kita lakukan agar HP bisa ter selamat kan dan tidak menimbulkan kerusakan yang parah atau bahkan sampai fatal,
 cara mengatasi Android yang masuk ke air dan yang harus segera Anda lakukan sebagai berikut:
1. Secepat mungkin ambil handphone yang masuk ke air.

Apabila HP Anda tercebur ke air atau masuk ke air misalkan saja tercebur ke kolam air maka Anda harus secepatnya mengambil HP Anda semakin cepat semakin baik, ini bertujuan agar air yang masuk ke HP tidak merembes ke mana-mana serta mencegah adanya konsleting pada komponen HP sehingga bisa meminimalisir kerusakan yang fatal pada HP yang masuk air.

2. Segera lepas baterai handphone atau Smartphone Android.

Jika handphone yang masuk ke air dalam keadaan atau kondisi masih menyala maka segera dan langsung saja lepas baterai, ini bertujuan agar komponen-komponen handphone yang terkena air tidak mendapat tegangan dan sumber daya akan otomatis terputus sehingga bisa memperkecil resiko konsleting antar komponen handphone tersebut.

3.Jangan mencoba untuk menyalakan handphone.

Sesaat setelah Anda melepas baterai handphone yang terkena air maka jangan sesekali atau buru-buru ingin mengetahui apakah handphone Anda sudah mati atau masih hidup, karena apabila Anda langsung menyalakan handphone maka dapat memicu konsleting pada komponen-komponen dalam handphone dan dapat mengakibatkan handphone Anda mati total atau matot.

4.Segera saja keluarkan SIMCard dan juga microSD.

Langkah selanjutnya segera saja Anda lepas atau keluarkan SIMCard atau kartu SIM serta microSD atau kartu memory, ini bertujuan untuk mencegah serta menghindari kerusakan dan kehilangan data baik SIMCard dan microSD , apabila Anda ingin mengecek kondisi SIMCard dan microSD maka tunggu sampai benar-benar kering atau Anda bisa mengelapnya dengan kain kering

5.Keringkan handphone sampai benar-benar kering.

Dalam mengeringkan handphone yang terkena air ada beberapa langkah yang harus kita lakukan agar handphone benar-benar kering dan tidak ada sisa-sisa air yang tertinggal di dalam handphone.

langkah yang dapat kita tempuh sebagai berikut:

•Usap atau lap handphone dengan tissue atau kain kering yang memiliki serat bisa menyerap air lebih kuat bisa pakai kain handuk dan lain sebagainya, dengan mengusap atau mengelap ini mungkin hanya bisa menyerap air untuk bagian sisi luar handphone saja.

•Sementara untuk mengeringkan dan menyerap kadar air di bagian dalam handphone dan mencakup komponen-komponen handphone Anda masukkan handphone ke kantong plastik dengan rapat dan beri Silica Gel biarkan atau simpan handphone tersebut sampai 2-3 hari agar kadar air benar-benar hilang dan kering.
 
•Namun apabila Anda tidak punya Silica Gel maka ada alternatif lain yang ampuh untuk menyerap kadar air yang ada di dalam handphone yang kena air, yaitu dengan memanfaatkan beras sebagai penyerap kadar air dengan cara masukan handphone ke toples atau kantong plastik kemudian isi toples atau kantong plastik dengan beras sampai beras menutupi semua bagian handphone dan alangkah baiknya lepas cover serta casing handphone lalu setelah itu tutup toples atau kantong plastik dengan rapat dan simpan sampai 2-3 hari.

•Setelah langkah di atas sudah Anda terapkan maka selanjutnya Anda ambil handphone tersebut kemudian bersihkan dan pasang kembali cover atau casing beserta baterai nya lalu carger atau cas handphone Anda sampai penuh. Jika sudah maka coba nyalakan handphone Anda, apabila handphone Anda menyala itu menunjukan bahwa handphone Anda yang kena air telah terselamatkan, namun apabila Anda coba nyalakan handphone tidak ada respon atau handphone tidak bisa menyala maka itu menunjukan ada kerusakan hardware pada handphone akibat konsleting kena air dan alangkah baiknya anda segera bawa ke tempat service.

Berikut adalah hal-hal yang sering di tanyakan berkaitan dengan handphone atau Smartphone Android yang masuk ke air atau terendam air.
Apakah handphone yang tercebur ke air menghanguskan garansi pabrik ?
Ya betul, kerusakan handphone akibat terkena air merupakan kesalahan atau kelalaian pengguna dan hal tersebut adalah salah satu faktor hilangnya garansi pabrik pada handphone tersebut.
Apakah boleh mengeringkan handphone yang kena air dengan Hair Dryer ?
Tidak boleh atau tidak dianjurkan, karena panas uap dari Hair Dryer dapat merusakkan komponen-komponen yang ada di dalam handphone.
Apakah boleh mengeringkan handphone yang kena air dengan Micro wave ?
Tidak boleh dan tidak dianjurkan, karena panas dari Micro wave dapat merusak bagian-bagian handphone dan bahkan bisa menyebabkan handphone meledak atau pecah.
Apakah boleh mengeringkan handphone yang kena air dengan kipas angin ?
Sama sekali tidak dianjurkan, karena tekanan angin dari hembusan kipas angin bisa menyebabkan air terdorong masuk ke komponen terutama pada komponen IC handphone tersebut.
Apakah boleh mengeringkan handphone yang kena air dengan Vacuum Cleaner ?
Boleh saja, karena Vacuum Cleaner bisa menyedot cairan dan debu tanpa menimbulkan panas pada komponen-komponen handphone tersebut.
Apakah boleh mengeringkan handphone yang kena air dengan cara dijemur dibawah sinar matahari ?
Tidak boleh dan tidak dianjurkan, karena suhu panas dari sinar matahari dapat merusakkan komponen-komponen handphone terutama untuk layar atau LCD handphone tersebut, apalagi menjemur nya dengan waktu yang lama sangat tidak direkomendasikan sama sekali.
Demikianlah pembahasan tentang cara mengatasi atau cara memperbaiki HP Android masuk air,

 semoga bermanfaat


EmoticonEmoticon

Cara Flashing Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570 Via Odin

Cara Flashing Samsung Galaxy J5 Prime SM-G570 Via Odin Flasher karena kendala seperti Mati total HardBrick, Bootloop Virusan, aplikasi...